Kasus Dilema Antara Guru dan Siswa dalam mengatasi permasalahan

Sekolah adalah tempat untuk membuat seseorang bertumbuh, berkembang, dan mengubah pola pikir seseorang yang memiliki pemikiran dan pengetahuan yang luas. Sekolah diadakan karena sebagai wadah untuk membantu orangtua yang merasa kurang mampu memimbing dan memberi cukup pengetahuan bagi anak-anaknya. 
Tokoh utama dalam sekolah adalah guru. Guru merupakan seorang yang pengajar yang menyalurkan ilmu. Peran dari seorang guru adalah membimbing, mendidik, mengajar, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi para siswa. Sir Sandy Ariawan said "If education is a conscious and well-planned endeavor, the goal of ultimately improving 
morale, forming a noble character and morality, is no longer the ability to be bidder and the participation of learners is absolutely necessary. Tetapi seringkali semua peran yang dimiliki guru gagal membuat seorang siswa menjadi pribadi yang baik tetapi malah siswa tidak memiliki etika dan melawan aturan-aturan yang ada. Contoh kasus dilema yang dimaksud seperti melakukan hubungan seksual sesama teman. Dalam hal ini guru merasa dilema. Guru merasa kesulitan menangani siswa bermasalah. Mereka merasa dilema dalam bertindak, antara memberi pendidikan dan atau sanksi. Di satu sisi guru harus tetap mendidik kepada siswa yang bermasalah,  tetapi di sisi lain siswa harus diselamatkan dari perilaku yang menyimpang. 
Jadi, peran seorang guru sangatlah penting bagaimana agar siswa tetap dijalur yang benar dan guru juga harus memiliki sifat yang tegas. Peran guru tidak hanya mengajar dan membagikan ilmu.  Tetapi selama siswa tersebut ada dilingkungan sekolah itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab seorang guru. 
Cooperative learning is identical to cooperation in the Learning Group. Cooperation between students is certainly in the positive with the guidance of teachers to achieve the purpose of learning. Students in the cooperative learning model are expected to help each other to achieve an understanding of the learning materials. By interacting, they will gain knowledge.

Ariawan,  sandy, ( 2018) The Effectiveness of cooperative learning metode (student team achievment division) in christian education.  Vol. 1, no. 3 (2614-3380) pages 1
http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA
Http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Allah Yang Pencemburu

Tindakan Yang Menentang Kehendak Tuhan